Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif “PRIMERE” Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Swasta Teladan Sumatera Utara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall dan dipadukan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Swasta Teladan Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 58 orang siswa yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning dan 29 orang siswa sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning dengan hasil belajar IPS yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu t_hitung= 1,99 sedangkan t_tabel= 1,67 dengan dk = N_1+N_2-2 pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning sebesar 19,10% sedangkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 18,24%.