PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN

Main Authors: Afriza, Muhammad Fajar, Sugito,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38903/2/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38903/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38903/3/ATP%2056.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38903/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40 orang siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen penelitian menggunakan tes menggambar ilustrasi kartun Adit, Sopo, & Jarwo. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 45,5 dan 46,5 dan ratarata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,5 dan 68,5. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,05 dan dk 38 didapat ttabel = 2,024. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6,9703 > ttabel = 2,024. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T. A. 2016/2017.