Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 133 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon dan kelas XI IPS- 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas data dan pengujian Hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi = 13,31 dan post-test sebesar 79,21, standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 53,23, standar deviasi = 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,14 > 1,67pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan.