Pembentukan Nilai Moral dan Pendidikan dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto
Main Authors: | Prasetyo, Annisa Febria, Noviyanti, Karina, Ritonga, Nurul Indriyani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38878/1/4.%20Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38878/ |
Daftar Isi:
- Karya sastra dapat memainkan peran sebagai media komunikasi dalam menyampaikan aturan tentang nilai-nilai moral dan pendidikan kepada para pembacanya baik anak-anak remaja, maupun orang dewasa. Tulisan ini berusaha mengkaji nilai-nilai moral dan pendidikan yang terdapat dalam karya sastra.Pendekatan yang dibahas dalam tulisan ini adalah yang berkaitan dengan konsep yang telah dirumuskan oleh masyarakat secara umum dalam menentukan nilai pendidikan dan nilai moral baik dan buruk.Pada kajian ini penulis mencoba mengimplementasikanya pada sebuah film yang berjudul Jembatan Pensil karya Hasto Broto yang tayang pertama kali pada tahun 2017.Dalam memberikan ukuran moral dan nilai pendidikan pada karya ini, penulis lebih menitikberatkan kepada masalah isi seperti tema, pemikiran, falsafah, dan pesan-pesan pengarang yang tergambar pada prilaku tokoh dan penokohannya serta dikaitkan dengan alur dan latar.Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam hal ini, dideskripsikan nilai moral dan nilai pendidikan dalam film Jembatan Pensil. Subjek dalam penelitian ini adalah Film “Jembatan Pensil” yang disutradarai oleh Hasto Broto. Objek penelitiannya adalah narasi dialog jembatan pensil