Analisis Kesantunan Berbahasa Peserta Didik Berdasarkan Kajian Pragmatik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 2 SMAN 7 Binjai, Sumatera Utara
Main Authors: | Yulia, Anggi, Sianturi, Dian Laurensia, Pertiwi, Retno, Yuhdi, Achmad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38877/1/3.%20Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38877/ |
Daftar Isi:
- Bahasa merupakan cerminan kepribadian seseorang ketika sedang berkomunikasi atau berinteraksi. Kasus-kasus seperti inilah yang membuat kesantunan berbahasa menjadi penting dikaji dan diketahui agar komunikasi berjalan lancar dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.Kesantunan berbahasa sangat penting dalam dunia pendidikan. Siswa adalah penerus bangsa. Jika siswa menggunakan bahasa yang tidak santun, maka akan lahir generasi yang kasar, tidak mempunyai nilai-nilai etika dan agama.Analisis Data Kesantunan Berbahasa Peserta Didik dalam proses pembelajaran ditemukan pada kalimat deklaratif yaitu maksim kearifan, pujian, dan kemufakatan; kalimat interogatif adalah maksim kearifan dan pujian.