Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Media Audiovisual Siswa Kelas X SMA
Main Authors: | Rosanti, Eva, Rohani, Lasma, Arif, Syamsul |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38858/1/43.%20Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38858/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks ekposisi siswa kelas X SMA dengan menggunakan media audiovisual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 34 orang di SMA Negeri 14 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Prosedur pelaksanaan tindakan ini ada empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovidual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi, baik secara proses maupun hasil. Secara proses, peningkatan tampak pada proses pembelajaran yang semakin baik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Secara hasil, peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh. Pada tahap prasiklus diperoleh nilai rata-rata 52,1, tahap siklus I meningkat menjadi 74,4, dan tahap siklus II meningkat lagi menjadi 85,3 dengan nilai KKM sebesar 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dinilai berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 14 Medan.