Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture

Main Authors: Simarmata, Anita Nopi, Hadi, Wisman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38853/1/40.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38853/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur siswa dengan menggunakan metode picture and picture. Objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Medan kelas XI MIA-4 yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pembelajaran picture and picture merupakan cara untuk menyampaikan pembelajaran dengan memperlihatkan detail - detai suatu objek atau hal secara lengkap. Cara ini akan membantu siswa mengenal dan memahami semua dimensi objek dan sistematika di dalamnya. Jika hal ini di kenal dan dipahami, akan tercipta persepsi dan penguatan yang utuh melalui tulisan. Pada siklus I kemampuan menulis teks prosedur siswa berjumlah menjadi 19 orang artinya sekitar 59% siswa sudah memiliki kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II peneliti memperbaiki kekurangan saat menggunakan metode pembelajaran picture and picture. Di siklus ke II ini setiap kelompok menempelkan gambar. Dengan menempelkan gambar, aktivitas siswa semakin meningkat dan kemampuan menulis teks prosedur siswa menjadi 29 orang atau sekitar 91%.