Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema

Main Authors: Lingga, Siti Khadijah, Rosmaini,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38846/1/36.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38846/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode peta pikiran dan media kartu tema sebagai upaya meningkatan keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas IX Plus 2 MTs Negeri 2 Medan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanankan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis teks pidato sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis teks pidato meningkat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada prasiklus sebesar 63,8 kemudian meningkat menjadi 79,03 pada siklus I. Sedangkan peningkatan pada siklus II dari siklus I 79,03 menjadi 88,13. Ketuntasan yang dicapai dari prasiklus yaitu 23,33% menjadi 63,33% pada siklus I. Kemudian dari siklus I dengan ketuntasan sebesar 63,33% menjadi 90% pada siklus II. Penerapan metode peta pikiran dan media kartu tema dapat digunakan sebagai masukan lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau Penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan metode dan media dalam pembelajaran menulis teks pidato.