Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi

Main Authors: Putri, Nanda Tri, Hanum, Inayah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38843/1/34.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38843/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis teks prosedur, dan keterampilan menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran demonstrasi. Tempat penelitian ini di MAN 1 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas proses pada pembelajaran menulis teks prosedur ditandai dengan meningkatnya kinerja siswa. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan metode pembelajaran demonstrasi berada dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 69,78. Kemudian dilaksanakanlah penelitian pada siklus I. Siklus I siswa menulis teks prosedur menerapkan metode pembelajaran demonstrasi maka diperoleh nilai rata-rata 78,40 dan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata yang diperoleh masih berada dibawah standar yang ditentukan yaitu 85 maka dilaksanakanlah kembali siklus II dengan menambahkan perlakuan. Siswa menulis teks prosedur dengan menerapkan metode pembalajaran demonstrasi dan diperolehlah nilai rata-rata sebesar 5,53. Hal ini membuktikan bahwa metode pembalajaran demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MIA 5MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.