PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Main Authors: Munthe, Bernandus, Sinaga, Cinta Agustina, Hasibuan, Puspita Fadhli
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38824/2/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38824/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38824/3/ATP%2051.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38824/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang menarik tentu akan memacu respon positif siswa dalam kegiatan belajar. Pembelajaran yang menarik akan membuat kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. yaitu dalam hal menyampaikan pendapat/ide, memberi tanggapan,dan menjawab pertanyaan. Langkah-langkah pembelajaran pada model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memacu keaktifan siswa sehingga siswa tidak cenderung diam selama kegiatan pembelajaran berlangsung karena ada beberapa hal yang harus dikerjakan saat menggunakan model pembelajaran ini yang tentunya disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan dipelajari. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dimana siswa dapat menyampaikan pendapat/ide, memberi tanggapan sebanyak-banyaknya untuk didiskusikan bersama-sama dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.