Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Nilai dalam Cerita Sejarah dengan Menggunakan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) bagi Siswa Kelas XII MIPA-IV SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Main Authors: Purba, Novita Sari, Arif, Syamsul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38819/1/30.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38819/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran STAD dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XII Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dari jumlah 40 orang siswa, terdapat beberapa siswa yang kurang mampu untuk mengungkapkan idenya melalui kegatan menulis. Lemahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa juga disebabkan oleh minimnya dan kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran yang dipakai oleh guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XII SMA Negeri 14 Medan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media STAD. Tujuan pembelajaran ini adalah mengetahui proses pembelajaran peningkatan keterampilan menulis naskah teks eksplanasi pada siswa kelas XII SMA Negeri 14 Medan setelah diberikan pembelajaran menggunakan metode STAD. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XII SMA negeri 14 Medan. Dari hasil penelitian diketahui skor keterampilan menulis teks eksplanasi rata-rata kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 76. Setelah dilakukan tindakan siklus II, skor rata-rata sehingga meningkat menjadi 83,75 dengan kategori baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan metode STAD terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XII SMA 14 Medan Tahun 2018/2019.