PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Main Author: | Gultom, Martha Ulina |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38817/2/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38817/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38817/3/ATP%2049.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38817/ |
Daftar Isi:
- Peran teknologi dalam dunia Pendidikan sangatlah penting dan memiliki banyak fungsi. Teknologi ini bisa juga membantu dalam meningkatkan setiap proses dalam pembelajaran. Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan di bidang teknologi. Dalam keprofesionalan seorang pendidik, bisa dipengaruhi oleh teknologi. Apalagi dalam teknologi masa kini membuat sistematis keseharian semakin meningkat dan hal tersebut dapat terwujud. Hal ini dibutuhkan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru pastinya. Seorang pendidik harus mampu menguasai pengetahuan dan kemampuan dan harus beradaptasi dengan teknologi baru yang semakin memiliki tantangan global. Tetapi pada kenyataannya, pendidik yang belum memahami dan menguasai serta masih sulitnya untuk memanfaatkan teknologi membuat siswa sulit dalam hal perkembangan dari setiap materi yang disampaikan. Untuk itu tulisan ini bertujuan mengungkapkan bagaimana menjadi guru abad 21 dengan meningkatkan mutu guru di era revolusi industri 4.0. Penulis menyimpulkan bahwa guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 sekarang ini memiliki tantangan lebih berat dan tugasnya pun lebih kompleks. Peranan guru sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran,untuk menghadapi tantangan tersebut. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan yaitu berpikir kritis, tanggung jawab sosial, kemampuan membangun jaringan, kedisiplinan waktu dan aturan serta kecakapan, keterampilan di abad 21.