Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Metode Pembelajaran Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan (APIK) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Main Authors: Gultom, Berliana Fenny, Lubis, Fitriani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38815/1/27.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38815/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan berjumlah 35 siswa. Proses dan hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan tiap tahap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melakukan siklus I, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian, pada tes awal diperoleh skor rata-rata 46,14. Pada siklus I menghasilkan peningkatan dengan nilai rata-rata 65,7 dan jumlah ketuntasan klasikal sebesar 57,2 %. Untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, dilakukan refleksi untuk tindakan selanjutnya, yaitu siklus II dengan perolehan skor rata-ratA 80,3 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,4 %. Hal ini membuktikan bahwa metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan) berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Untuk itu, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia meningkatkan keterampilan menulis dengan menerapkan metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan) karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.