TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMK
Main Author: | Setiadi, Herman |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38811/2/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38811/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38811/3/ATP%2048.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38811/ |
Daftar Isi:
- Revolusi Industri 4.0 akan memberikan dampak perubahan yang sangat besar dibidang pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk menghadapi tantangan perubahan tersebut maka SMK diharuskan melakukan program revitalisasi. Salah satunya adalah revitalisasi dalam sistem pembelajaran. Pembelajaran abad 21 diharapkan akan mampu menghasilkan lulusan SMK yang kreatif, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dan mampu berkolaborasi. SMK diharapkan menerapkan 9 prinsip dalam mengajarkan keterampilan abad 21 yaitu (1) membuat pembelajaran relevan dengan 'big picture'; (2) mengajar dengan disiplin; (3) mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih rendah dan lebih tinggi untuk mendorong pemahaman dalam konteks yang berbeda; (4) mendorong transfer pembelajaran; (5) membelajarkan bagaimana 'belajar untuk belajar' atau metakognisi; (6) memperbaiki kesalahpahaman secara langsung; (7) menggalakkan kerja sama tim; (8) memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran; dan (9) meningkatkan kreativitas siswa Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana tantangan era revolusi industri 4.0 di SMK. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Penulis berkesimpulan bahwa SMK akan mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dengan baik dan berpeluang besar untuk menghasilkan lulusan SMK yang sangat dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0 jika sukses mengikuti dan menjalankan seluruh program revitalisasi.