Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Memahami Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Empat

Main Author: Sibuea, Hadijah Handayani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38792/1/16.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38792/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan memahami bacaan siswa masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan memahami unsur-unsur cerpen. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk keterampilan membaca. Metode yang digunakan adalah metode research and development dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prototipe merupakan rancangan yang menggambarkan isi media interaktif pembelajaran. Prototipe menjelakan mengenai beberapa hal, yaitu :1) Struktur tampilan , 2) gambar, 3) keteranga nstruktur tampilan. Prototipe dalam penelitian ini akan dijadikan acuan dalam pembuatan media interaktif pembelajaran. Media interaktif memudahkan siswa dalam memahami isi cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif dalam pembelajaran memahami isi cerpen merupakan pembelajaran yang bermakna. Peneliti menyarankan agar media interaktif dikembangkan lagi untuk kompetensi dasar yang berbeda pada mata pelajaran bahasa Indonesia.