MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN RPL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
Main Author: | Hutagalung, Theodora Helena |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38764/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38764/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38764/2/ATP%2040.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38764/ |
Daftar Isi:
- Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan peserta didik saat ini sebagai bekal untuk sukses berkarir di era informasi. Keterampilan ini mencakup Life &Career Skills,Learning and Innovation Skills, Information, Media &Technology Skills.Creativity, CriticalThinking, Collaboration and Communication menjadi keterampilan yang mesti dimiliki peserta didik di era pengetahuan dan informasi ini, termasuk dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar yang merupakan salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian (C2) dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dengan menguasai kompetensi Pemrograman Dasar,peserta didik diharapkan mampu mengikuti kompetensi mata pelajaran kompetensi keahlian (C3).Agar keterampilan ini tumbuh dalam diri peserta didik, guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajarannya, antara lain dengan memilih model pembelajaran yang mendukung tumbuhnya keterampilan abad 21 tersebut dan disesuaikan dengan kompetensi yang diajarkan, dengan mengintegrasikan konsep HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pemilihan metode pembelajaran dan media pembelajaran juga menguatkan tumbuhnya keterampilan yang diharapkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik akan memiliki kompetensi Pemrograman Dasar yang sesuai dengan keterampilan abad 21.