PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Simanjuntak, Rivai M. |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38738/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38738/2/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38738/3/ATP%2031.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38738/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Dimana prestasi belajar didefinisikan sebagai hasil akhir dari suatu pembelajaran dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perilaku. Sedangkan prestasi belajar yang diharapkan adalah adanya perubahan tingkah laku dalam bentuk perilaku dalam hal keterampilan dan keberanian untuk mencoba. Selanjutnya strategi pembelajaran didefenisikan sebagai tindakan khusus yang dilakukan oleh guru untuk mempercepat dan mempermudah siswa memahami pembelajaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi-eksperimental research), yaitu membandingkan mana yang lebih baik diantara strategi pembelajaran yang digunakan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi. Ditemukan juga bahwa ada interaksi antara strategi mengajar dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar, yaitu bahwa siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi yang di ajar dengan strategi inkuiri memperoleh nilai rata-rata 76,95 sedangkan yang diajar dengan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata 66,0 dan sebaliknya siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah yang di ajar dengan strategi inkuiri memproleh nilai rata-rata 64,09 sedangkan yang di ajar dengan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata 73,91.