KOMUNIKASI ORGANISASI KEPALA MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN DAAR AL ULUUM ASAHAN KISARAN
Main Author: | Sutrisno, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38735/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38735/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38735/2/ATP%2028.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38735/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Organisasi di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Modern Daar Al Uluum (MAS PMDU) Asahan Kisaran yaitu komunikasi direktur/wakil direktur dengan kepala madrasah, kepala madrasah/wakil dengan guru,guru dengan siswa. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari dan menganalisis serta membuat interpretasi data yang ditemukan melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumen, data yang dikumpulkan dianalisa keabsahannya melalui proses reduksi data, pemaparan/display data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa 1. Komunikasi antara direktur/wakil direktur dengan kepala madrasah, dilakukan melalui agenda rapat tahunan, agenda semester, bulanan dan bahkan mingguan bila dianggap perlu. Biasanya yang disampaikan adalah tentang kewenangan dan pembagian tugas/jabatan, wewenang dan tangung jawab kepala madrasah dan stafnya. 2. Sedangkan komunikasi antara kepala/wakil dengan guru dilakukan melalui rapat awal tahun ajaran, awal atau akhir semester, bulanan atau mingguan atau harian bila dianggap penting. Biasanya disampaikan tentang pembagian tugas, wewenang dan tangung jawab wakil dan guru serta KTU/staf, dengan memberikan SK tugas, kemudian rapat awal tahun ajaran, kenaikan kelas dan evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran mendatang, penyampaian program-program untuk pembelajaran yang akan datang, pembagian wali kelas dan tugasnya, juga membahas permasalahan siswa, SPP dan proses KBM. 3. Komunikasi antara guru dengan siswa dilakukan melalui proses KBM dengan memberikan pembinaan dan pembelajaran juga evaluasi harian, dan semester yang dilaksanakan sesuai jadwal.