MENJADI GURU ABAD 21: JAWABAN TANTANGAN PEMBELAJARAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Main Author: | Sonia, Tiarmayanti Novita |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38729/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38729/2/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38729/3/ATP%2023.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38729/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan, pengetahuan,dan kemampuan di bidang teknologi. Supaya hal tersebut dapat terwujud, maka dibutuhkan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru. Tentu saja hanya guru yang menguasai pengetahuan dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global dapat memberikan pengaruh keterampilan dan pengetahuan tersebut kepada siswa. Namun kenyataannya banyak guru yang rentan terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformasi. Padahal saat ini sangat dibutuhkan guru-guru terbaik yang memahami dinamika kelas dan memanfaatkan teknologi guna mengedukasi siswa. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana menjadi guru abad 21 dengan meningkatkan mutu guru di era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Penulis berkesimpulan bahwa guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 sekarang ini memiliki tantangan lebih berat dan tugasnya pun lebih kompleks.Peranan guru sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan yaitu berpikir kritis, tanggung jawab sosial, kemampuan membangun jaringan, kedisiplinan waktu dan aturan serta kecakapan,keterampilan di abad 21.