PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Main Author: S, Ramadhani Putri Lestari
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38724/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38724/2/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38724/3/ATP%2018.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38724/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan modul kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) berbasis pendekatan inkuiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian dibatasi hanya pada tahap pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi isi dan angket respon siswa. Validasi isi modul dilakukan oleh dua dosen kimia ahli dan satu orang guru kimia, sedangan angket respon siswa dberikan kepada 32 siswa kelas XII MIA SMAN 1 Badar, Aceh Tenggara. Data yang diperoleh yaitu proses pengembangan modul, validasi dan angket respon. Berdasarkan penilaian oleh validator diperoleh rata-rata persentase 95,33% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, penilaian respon siswa terhadap modul diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,79% dengan kriteria sangat baik. Dimana setiap komponen memperoleh rata-rata persentase yaitu karakteristik modul 86,58%; elemen mutu 80,94%; konsisten 81,89%; kebahasaan 84,16% dan pembelajaran inkuiri 83,14%.