PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK

Main Author: Afriani, Rinna Ayu
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38548/1/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38548/2/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38548/3/ATP%2012.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38548/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Lectora Inspire untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi sistem periodik. Pengambilan sampel kelas menggunakan teknik sampling random sederhana. Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan media Lectora Inspire dan kelas kontrol tidak mengunakan media Lectora Inspire. Pengambilan sampel siswa menggunakan teknik sampling purposif, data diambil dari hasil tes siswa yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 10 soal dan reliabel (0,734). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar pada kedua kelas. Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 67,94 dari data pretest 39,41. Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 70.00 dari data pretest 50,59. Maka, terdapat pengaruh penggunaan media Lectora Inspire untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi sistem periodik. Peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan gain score ternormalisasi. Pada kelas yang mengunakan media Lectora Inspire sebesar 45,32% dan peningkatan prestasi belajar pada kelas yang tidak mengunakan media Lectora Inspire sebesar 37.80%.