Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS5 pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D. Penelitian ini terbentuk dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 86,5% kategori baik, kelayakan penyajian adobe flash CS5 88,5% kategori baik, aspek adobe flash CS5 87,5% kategori baik, aspek penilaian bahasa 90% kategori sangat baik, (2) validasi ahli desain meliputi desain awal 85,7% dengan kategori baik, desain isi 82,1% kategori baik, tipografi adobe flash CS5 79,1% kategi baik, dan ilustrasi isi 79,1% kategori baik. (3) uji coba terbatas memperoleh skor 81,4% dengan kriteria baik (4) Uji coba diperluas memperoleh skor 80,4% kategori baik. Hasil belajar memproduksi teks eksplanasi sebelum menggunakan adobe flash CS5 memperoleh 68,7 sedangkan hasil belajar memproduksi teks adobe flash CS5 menggunakan adobe flash CS5 memperoleh 81. Selisih yang diperoleh 12 dari sebelum dan sesudah menggunakan adobe flash CS5. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu adobe flash CS5 yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai media pembelajaran tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan menulis teks eksplanasi.