Pengaruh Permainan Balap Karung dan Egrang terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi

Main Author: Munir, Abdul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Psikologi Univ. Medan Area , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38480/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38480/2/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38480/
http://dx.doi.org/10.31289/diversita.v5i2.3056
Daftar Isi:
  • Bermain merupakan kebutuhan bagi setiap anak di mana pun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Anak-anak selalu bermain dengan canda dan tawa melalui bermain inilah mereka merasa bebas tanpa tekanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan balap karung dan egrang terhadap peningkatan kepercayaan diri pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kuantltatif menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen), yaitu metode penelitian untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap hasil lain dalam kondisi yang sama terkendalikan dengan ukuran sampel relatif kecil. Penelitian ini dilakukan di PAUD Cahaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. Subjek penelitian ditentukan dengan cara di acak Sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok Subjek penelitian adalah siswa di PAUD Cabaya yang berjumlah 20 siswa. Kelompok 1 sebanyak 10 siswa bermain balap karung, Kelompok II sebanyak 10 siswa bermain egrang. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh permainan balap karung terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di PAUD Cahaya sebesar 36.28%. Ada pengaruh permainan egrang terhadap meningkatkan kepercayaan diri anak di PAUD Cahaya sebesar 28.83%. Ada perbedaan pengaruh permainan balap karung dan egrang terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di PAUD Cahaya. Bermain balap karung Iebih baik dalam meningkatkan kepercayaan diri anak PAUD Cahaya.