PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP sTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Virus di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Mia sebanyak 6 kelas dan Sampel acak (random sampling) yaitu kelas X Mia1 untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind map dengan jumlah siswa 38 orang, kelas X Mia2 untuk kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa 38 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Dari hasil analisis data diproleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen Mind map 71,61: SD 5,96 dan kelas kontrol 54.18: SD 8,34 dan dilakukan uji t dengan pada taraf signifikan = 0,05. Secara statistik diproleh thitung < ttabel (0,0042 < 1,99392), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok virus di kelas X Mia SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.