PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAH ALIYAH SEKOTA TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kondisi dan potensi instrumen penilaian sikap yang ada dan digunakan saat ini. (2) Menghasilkan instrumen penilaian sikap pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. (3) Menguji tingkat validitas dan reabilitas instrumen penilaian sikap yang akan dikembangkan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pemilihan siswa-siswa yang menjadi subjek penelitian menggunakan metode Random Sampling. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penelti adalah R & D dengan menggunakan model 4 D, yang mana tujuannya adalah untuk menghasilkan sebuah produk baru yang bisa digunakan pada proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam bentuk sebuah instrument penilaian sikap siswa. Maka valdiasi yang dilakukan adalah validasi ahli yang menilai instrument tersebuh ke beberapa aspek dengan nilai sebagai berikut : (1) Objektifitas (2) Kontruksi (3)Kebahasaan (4)Kejelasan (5) Kepraktisan Hingga diperoleh sangat valid. Kemudian proses validasi emprik terhadap butir-butir instrument penilaian sikap yang dikembangkan juga dapat disimpulkan memiliki tingkat validasi yang baik dimana dari 21 butir indikator yang terdapat di dalam instrument tersebut memiliki t hitung yang lebih tinggi dari t tabel yakni (0,3). Sehingga layak untuk digunakan sebagai alat menilai sikap siswa di sekolah pada saat proses beelajar mengajar