Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 orang, putra 10 orang dan putri 22 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran. Setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifi dan variasi pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik belajar menggiring bola dengan kaki bagian luar dalam permainan sepakbola. Berdasarkan hasil Data awal pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Dari 32 siswa terdapat 8 siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil dari siklus I terdapat 17 siswa (53,12%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus II terdapat 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus II siswa dapat dribbling bola basket dengan baik dari sikap persiapan hingga sikap akhir. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.