OPTIMALISASI PEJUALAN ROTI PEDAGANG KELILING SYAHFIRA BAKERY & CAKES SHOP
Daftar Isi:
- Syahfira Bakery & Cakes Shop merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan memproduksi berbagai macam roti. Syahfira Bakery & Cakes Shop pertama kali dirintis pada tahun 2005 dan hanya memproduksi sekitar 20 varian roti yaitu: donat sate, roti manis, roti tawar, roti coklat dan lain-lain. Di Syahfira Bakery & Cakes Shop sebagian besar memproduksi roti untuk pedagang roti keliling. Permasalahan berkaitan dengan pedagang roti keliling belum bisa menentukan jumlah roti yang ideal dibawa setiap harinya. Maka diperlukan metode untuk menyusun dan menentukan kombinasi jumlah roti yang tepat dibawa pedagang keliling secara baik dan terencana yang dapat dijadikan sbagai pedoman oleh pedagang keliling Syahfira Bakery & Cakes Shop. Permasalahan yang berkaitan dengan proses maksimalkan keuntungan pedagang keliling Syahfira Bakery & Cakes Shop merupakan proses mencari solusi optimal dalam kombinasi jumlah roti yang dibawa. Tujuan penelitian ini adalah 1. Memaksimalkan Keuntungan. 2. Menentukan jumlah roti optimal dibawa. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini berupa penelitian terapan (applied research) dengan menggunakan metode Linier Programming. Berdasarkan analisis data yang didapat dengan bantuan Software QM. For Windows diperoleh jumlah roti yang optimal dibawa untuk pedagang keliling pertama sebanyak 7.082 roti selama sebulan. Dengan selisih keuntungan yang biasa dibawa pedagang keliling dengan setelah dioptimalkan sebesar Rp 168.500,00.