ANALISIS KESESUAIAN MATERI SISTEM KOORDINASI PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
Daftar Isi:
- Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi ruang lingkup biologi yang ada pada buku teks pegangan siswa di SMA Negeri Se- Kota tebing tinggi ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikan, dan kelayakan bahasa. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis. Objek penelitian ini adalah buku teks biologi materi Sistem Koordinasi SMA Kelas XI yang terkait dengan Kompetensi Dasar kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar analisis yang diisi berdasarkan rubrik penilaian yang mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks dari penerbin Grafindo Media Pratama yang digunakan siswa memiliki persentase kelayakan isi 80,4% dengan kategori sesuai, kelayakan penyajian sebesar 84,3% dengan kategori sangat sesuai, kelayakan kegrafikan sebesar 88,8% dengan kategori sangat sesuai, dan kelayakan bahasa sebesar 84,3% dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa persentase kelayakan yang paling tinggi adalah kelayakan kegrafikaan sebesar 88,8% sedangkan persentase kelayakan terendah adalah kelayakan isi sebesar 80,4%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa materi yang ada pada buku teks tersebut telah sesuai dengan kompetensi dasar 2013.