Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah kelas XI MIA di MAN 1 Medan; (2) Hasil belajar biologi kelas XI MIA di MAN 1 Medan; (3) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA di MAN 1 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel penelitian ini adalah 72 siswa kelas XI MIA di MAN 1 Medan, yang ditentukan secara proposional random sampling. Instrumen penelitian adalah angket, wawancara dandokumentasi. Hasil penelitian pemanfaatan perpustakan di sekolah pada siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan tergolong kurang dengan pesentase siswa 40,27%. Hasil belajar Biologi siswa di kelas XI MIA MAN 1 Medan T.P 2019/2020 sebesar 56,95%. Besar korelasi pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan T.P 2019/2020 yaitu rhitung = 0,17 digolongkan pada kategori sangat rendah dan berkontribusi sebesar 2,89% terhadap belajar biologi siswa.