PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUARY TRAINING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN TP. 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquary Training berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 8 soal yang telah divalidasi. Hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 36,39 dan kelas kontrol 36,13. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata pretest (uji t) diperoleh thitung<ttabel, hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda dilakukan posttest, hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 82,30 dan kelas kontrol 75,71. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata posttest (uji t) diperoleh t hitung = 2,19 sedangkan t tabel= 1,67. Kriteria pengujian t hitung > t tabel (4,91> 1,669), maka Ho ditolak dan Ha diterima diperoleh, hal ini menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020.