ANALISIS KETARAMPILAN BERTANYA GURU DAN SISWA PADA PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai kuantitas dan kualitas pertanyaan guru biologi dan siswa selama proses pembelajaran sistem pencernaan di SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah deskriptif survei. Populasi penelitian adalah guru biologi kelas XI MIA dan seluruh siswa XI MIA. Sampel diambil dengan teknik total sampling dengan mengambil 3 kelas yang paling aktif dengan guru biologi yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan observasi langsung selama proses pembelajaran biologi. Hasil menunjukkan bahwa seluruh guru mengajukan pertanyaan lisan sebanyak 33 pertanyaan dan tulisan sebanyak 20 pertanyaan yang keseluruhan berjumlah 53 pertanyaan. Pertanyaan guru biologi secara lisan sebesar 62% dan pertanyaan tulisan sebesar 38%. Kualitas pertanyaan guru lebih banyak kualitas LOTS sebesar 74% dimana pada C1 dengan persentase 32%, C2 dengan persentase 21%, dan C3 dengan persentase 2% dibandingkan HOTS sebesar 26% dimana C4 dengan persentase 20,4%, C5 dengan persentase 5,6%, dan C6 dengan persentase 0%. Hasil yang berbeda ditunjukkan oleh pertanyaan yang diajukan oleh siswa secara lisan sabanyak 62 pertanyaan dan tulisan sebanyak 89 pertanyaan, menujukan bahwa seluruh siswa yang mengajukkan pertanyaan keseluruhan berjumlah 151 pertanyaan. Pertanyaan siswa secara lisan sebesar 41% dan pertanyaan tulisan sebesar 59%. Kualitas pertanyaan yang diajukan siswa lebih banyak kualitas LOTS sebesar 62% dimana pada C1 dengan persentase 33%, pada C2 dengan persentase 28%, dan C3 dengan persentase 2% dibandingkan HOTS sebesar 37% dimana pada C4 dengan persentase 27%, pada C1 dengan persentase 9%, dan pada C6 persentase 1%.