PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional, mengetahui sikap dan keterampilan belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI semester I SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I yang terdiri dari 5 kelas IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan cara random sampling yang terpilih yaitu XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran problem based learning dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes kognitif dalam bentuk essay test dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi sikap dan keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,8 dan kelas kontrol adalah 28,7. Setelah diberi perlakuan hasil posttest kelas eksperimen adalah 77,53 dan kelas kontrol 69,4. Dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (4,76 > 1,67). Hasil observasi sikap siswa dalam proses pembelajaran di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 77,5 dengan kategori baik dan di kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori baik. Keterampilan siswa dalam proses pembelajaran di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 74, dengan kategori B+, dan di kelas kontrol sebesar 58 dengan kategori B-. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis yang sejalan dengan meningkatnya sikap dan keterampilan belajar siswa.