PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELATISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 13 Medan T.P. 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes essai yang terdiri dari 8 item. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,00 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 37,33 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,62 dan kelas kontrol 69,95. Hasil aktivitas siswa pertemuan pertama 80,63, pertemuan kedua 92,09 maka rata-rata aktivitas siswa 79,98 dengan kategori aktif. Hasil uji t postes diperoleh thitung> ttabel= 4,300 > 1,671 dengan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020.