Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Tata Boga; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada mata pelajaran Tata Boga; (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar Tata Boga siswa SMA Swasta Istiqlal Delitua. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMA Swasta Istiqlal Delitua.Waktu penelitian dilaksanakan pada Januari – Maret 2017. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas terpilih yang berjumlah 72 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada pelajaran Tata Boga termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentase 91,67 persen dan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada pelajaran Tata Boga termasuk kategori cenerung cukup dengan persentase 69,44 persen. Hasil uji liliefors pada kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi pada pelajaran Tata Boga diperoleh nilai Lhitung<Ltabel (0,073 < 0,147), sedangkan pada kelas yang menggunakan media gambar pada mata pelajaran Tata Boga diperoleh nilai Lhitung<Ltabel (0,083 < 0,147). Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel (1,73<1,84). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung>ttabel (8,756 >1,668) pada taraf signifikan 5 persen. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar Tata Boga siswa SMA Swasta Istiqlal Delitua. Artinya media pembelajaran berbasis Prezi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Boga