PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.A. 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation yang lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA N 7 Medan T.A 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMA N 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 7 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 3 (32orang) dan X MIPA 4 (32 orang). Jadi total sampel adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan total pertanyaan 20 pertanyaan. Teknik analisis digunakan untuk menentukan mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data, hasil rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 56,625 dan 76,4062. Sedangkan hasil rata-rata pre test dan post test kelas kontrol 48,125 dan 61,5625. Hasil uji hipotesis dari post test adalah thitung 3,3538 dan ttabel 1,67. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel (3,3538 >1,67). Dan dari kriteria uji hipotesis jika thitung > ttabel artinya hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembeljaran Group Investigation secara signifikan lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA N 7 Medan T.P 2017/2018.