PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK-1 SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK-1 SMK PAB 2 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XII AK-1 SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jl. Veteran Pasar V Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AK-1 dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum dilakukan tindakan pada siklus I adalah 67,86 dimana 40% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I niali rata-rata 75,66 dengan 62,86% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningakatan menjadi 82,57 atau 77,14% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 40% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi meningkat setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XII Ak-1 SMK Pab 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada materi perusahaan dagang.