PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA HASIL PRAKTEK PENATAAN SANGGUL ASIMETRIS SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil praktek penataan sanggul asimetris bentuk timpus siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensinal. Untuk mengetahui hasil praktek penataan sanggul asimetris bentuk timpus siswa setelah menggnakan model Cooperative Script. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil praktek belajar siswa pada mata pelajaran penataan sanggul asimetris. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Medan pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 59 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 27 orang siswa kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan 32 orang siswa kelas control yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui hasil praktek penataan sanggul asimetris bentuk timpus. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nonparametric yaitu uji t dengan uji persyaratan analisis normalitas dan homogenitas data. Hasil praktek belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Sanggul Asimetris kelas XI SMK Negeri 10 dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berada pada kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa 〖x^2〗_hitung=11,30 dan 〖x^2〗_tabel=3,84 dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 1. sehingga 〖x^2〗_hitung>〖x^2〗_tabel Dari tabel distribusi t diperoleh t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dengan dk = 57. Maka dapat disimpulkan bahwa t_hitung>t_tabel atau 4,49>2,00. Bedasarkan hasil uji statistik juga t_hitung= 11,3 dan t_(tabel=) 2,00 dengan α = 0,05 dengan dk = 57 sehingga t_hitung>t_tabel atau 4,49>2,00. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil praktek belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Sanggul Asimetris kelas XI SMK Negeri 10 Medan.