Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kemandirian belajar siswa; (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran boga dasar; (3) mengetahui hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar boga dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Boga-1 SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian ini 32 orang siswa. Data kemandirian belajar dikumpulkan menggunakan angket dan hasil belajar boga dasar menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dengan uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas, sedangkan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan analisis data kecenderungan diketahui bahwa kemandirian belajar siswa termasuk kategori cenderung kurang sebesar 75 persen, dan hasil belajar boga dasar cenderung cukup yaitu 71,88 persen. Hasil Analisis Uji Normalitas dengan dk= 5 pada variabel kemandirian belajar yaitu 2hitung < 2tabel (6,71 < 11,070) dan variabel hasil belajar boga dasar yaitu 2hitung < 2tabel (8,93 < 11,070) pada taraf signifikan 5 persen, kedua variable berdistribusi Normal. Hasil Uji Linearitas hasil belajar boga dasar (Y) atas kemandirian belajar (X) dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu (-0,666 < 2,54) adalah Linier dengan bentuk persamaan regresi Y= 6,47 + 0,28 X pada taraf kepercayaan α = 0,05. Koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung> Ftabel (5,975 > 4,17). Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh korelasi rxy sebesar 0,981 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5 persen sebesar 0,349. Dengan demikian harga rhitung> rtabel (0,690 > 0,349). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar boga dasar pada siswa SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar boga dasar.