Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru bidang studi dasar-dasar gambar teknik yaitu kurang aktif siswa dalam belajar dibuktikan dengan melakukan pengamatan sewaktu observasi serta hasil belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar gambar teknik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I, siklus II dan siklus III dari 90 soal diperoleh 66 soal yang dinyatakan valid, dari data yang telah valid dilakukan reliabilitas tes pada siklus I diperoleh nilai 0,87 (sangat tinggi), uji indeks kesukaran diperoleh 6 soal mudah, 23 soal sedang dan 1 soal sulit, uji daya beda diperoleh 6 soal cukup, 12 soal baik dan 2 soal sangat baik. Prosedur penelitian dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan , pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 67,59 dengan presentase kelulusan 55,17% meningkat menjadi 78,19 dengan presentase kelulusan 96,55% dan kembali meningkat di akhir siklus III menjadi 87,50 dengan presentase kelulusan 100%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 75,34 dengan presentase kelulusan 72,41% meningkat menjadi 85,27 dengan presentase 82,76 dan kembali meningkat di akhir siklus III menjadi 88,94 dengan presentase kelulusan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dasar-dasar gambar teknik siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 5 Medan.