Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Markus Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Markus Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Markus Medan yang beralamat di Jalan Kapten Muslim No 226 Medan Helvetia. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Markus Medan yang terdiri dari dua kelas dengan siswa berjumlah 92 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Total Sampling, yaitu sebanyak 92 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi (DKN) dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kebiasaan belajar siswa (X_1) diperoleh t_hitung > t_tabel (2,960 > 1,662) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti kebiasaan belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk variabel pendidikan karakter (X_2) diperoleh t_hitung > t_tabel (7,086 > 1,662) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara F_hitung dengan F_tabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (49,296 > 3,10) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kebiasaan belajar siswa (X_1) dan pendidikan karakter (X_2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar siswa dan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Swasta Markus Medan T.P 2016/2017 diterima.