PENERAPAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretes siswa 66, lalu pada pelaksanaan postes meningkat menjadi 75. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai pretes rata-rata 76 dan pada postes meningkat menjadi rata-rata 86. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 70,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint dapat 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) 2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi bangunan 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.