PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kecenderungan hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, 2) kecenderungan hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, 3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk and write terhadap hasil belajar mata pelajaran tekstil siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni kelas X Busana Butik 1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X Busana Butik 2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan menggunakan tes pilihan berganda. Teknik analisis data melalui uji kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis uji – t. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas yang diberikan perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pengajajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pengajajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write (eksperimen) yaitu cenderung tinggi (55%) dengan nilai rata – rata 84, nilai tertinggi 94 dan terendah 76, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write (kontrol) cenderung cukup (60%) dengan nilai rata – rata 75, nilai tertinggi 82 dan terendah 68. Uji persyaratan analisi menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena Lhitung = 0,14 < Ltabel = 0,150 dan kedua varians data adalah homogen karena = 1,77 < dari = 1,82. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk And Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengujian asal serat bahan tekstil melalui uji pembakaran siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat dengan hasi perhitungan > yaitu : 6,12 > 1,997. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk And Write (TTW) dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.