Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu BahanBangunanpada Indikator jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik kayu serta kuat tarik dan tekan kayu. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 23 soal pada siklus I dan terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 12 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,96 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 23 soal dan diperoleh 19 soal yang valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang, dan 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 11 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 80 dan berhasil secara klasikal jika 75% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan26,67% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,5 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas x program keahlian konstruksibatubeton di smk n 1 lintongnihuta