Daftar Isi:
  • Masalah dalam Penelitian ini adalah apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan belajar menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar menulis melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan menggunakan dua siklus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis angket keterampilan belajar menulis yang diberikan kepada 31 orang siswa, maka diperoleh subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa yang terdiri dari 1 orang siswa memperoleh skor dengan kriteria tinggi, 3 siswa dengan kriteria sedang, dan 6 siswa dengan kriteria rendah, pengambilan subjek melalui teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang (10%); sebanyak 3 orang (30%) pada kategori sedang, dan sebanyak 6 orang (60%) pada kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan terdapat 4 orang (40%) berada pada kategori tinggi, 3 orang siswa (30%) berada pada kategori sedang, 3 orang (30%) berada pada kategori rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 8 orang (80%) berada pada kategori tinggi dan 2 orang (20%) berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan belajar menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018.