Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan Konseling terhadap masalah motivasi belajar rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d September 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-6. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 55 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 55 > 8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test motivasi belajar diperoleh skor rata-rata 52 sedangkan data post-test motivasi belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 90. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok. Layanan konseling kelompok terhadap masalah motivasi belajar rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.