PEMBUDAYAAN NILAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN BAHASA INDONESIA
Main Authors: | Jatnika, Asep Wawan, Saepudin, Epin, Siregar, Chairil Nur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/37492/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/37492/ https://drive.google.com/open?id=1ZMI_eDXTvpn6Etj4r0SBa32wNvSdA-AI |
Daftar Isi:
- Identitas dan integrasi nasional dewasa ini menjadi suatu hal yang perlu mendapat perhatian. Identitas dan integrasi nasional merupakan dua entitas yang berbeda, namun satu sama lain saling berkaitan, terutama dalam makna semboyan negara "Bhinneka Tunggal Ika". Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembudayaan nilai Bhinneka Tunggal Ika melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dan bahasa Indonesia ditengah fenomena merebaknya isu identitas yang dapat memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Artikel ini merupakan bagian dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode fenomenologi dengan lokasi penelitian terletak di Institut Teknologi Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dan bahasa Indonesia memiliki posisi strategis dalam pembudayaan nilai bhinneka tunggal ika di perguruan tinggi. Kontribusi dua mata kuliah ini dapat dilihat dari sisi konten dan strategi pembelajaran yang memperkuat pemahaman mahasiswa akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang multikultural. Pendidikan kewarganegaraan memosisikan mahasiswa sebagai warga negara yang harus mampu bersatu dalam keberagaman sebagai wujud warga negara yang cerdas dan baik, sedangkan bahasa indonesia melihat kekuatan bahasa sebagai pemersatu bangsa.