INOVASI PEMBALAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI GENERASI DIGITAL

Main Author: Annisa, Nurul
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/37346/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/34.-Nurul-Annisa.pdf
Daftar Isi:
  • Era revolusi industri 4.0 membawa dampak yang tidak dapat dipandang sebelah mata oleh dunia pendidikan. Dampak dari perkembangan zaman ini menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar dari proses pembelajaran tatap muka (face to face) yang kurang menarik bagi generasi digital saat ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran mengoptimalkan pembelajaran sehingga materi yang diajarkan dapat sampai ke siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka (face to face) dan e-learning sehingga memungkinkan siswa untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran kapan dan dimana saja dan dengan memanfaatkan media elearning yaitu Schoology. Tujuan penulisan ini ialah sebagai referensi bagi tenaga pendidik agar dapat menerapkan inovasi pembelajaran Matematika berbasis blended learning menggunakan Schoology di era revolusi industri 4.0. Data yang dikumpulkan di dalam penulisan ini menggunakan studi pustaka. Melalui penulisan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik (guru) dalam membuat inovasi pembelajaran terkhusus pada pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa.