PENERAPAN MODEL BELAJAR BLENDED LEARNING BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI

Main Author: Purba, Eliana
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/37333/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/49.-Eliana.pdf
Daftar Isi:
  • Proses kegiatan belajar mengajar penerapan model merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Untuk menarik minat siswa terhadap mata pelajaran khususnya mata pelajaran PKn dengan materi demokrasi, guru harus mampu membangun proses belajar yang aktif. Demokrasi menunjukkan kesesuaian antara hak dan kewajibannya sebagai warga negara, berpartisipasi aktif menjungjung tinggi HAM serta meningkatkan sikap toleransi masyarakat yang multikulural. Penerapan model belajar blended learning diharapkan mampu minggkatkan pemahaman siswa serta mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penyesuaian masa revolusi industri 4.0 saat ini, berpikir tingkat tinggi yang mana dimaksud adalah mampu berpikir kreatif, mampu menyelesaikan permasalahan serta mampu mengeluarkan pendapat adalah tantangan bagi pendidikan. Pada prinsipnya penggunaan HOTS pada pembelajaran demokrasi bertujuan untuk mempersiapkan kompetensi siswa menyongsong abad 21 serta meningkatkan mutu dan akuntabilitas hasil belajar yang dapat diterapkan dikehidupan berikutnya menyelaraskan sikap nasionalisme serta normalitas yang tinggi. Untuk itu penerpan Blended Learning yang menggabungkan tatap muka, dan tidak tatap muka, pada pembelajaran berbasis online atau e-learning menjadi media yang memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Blended Learning memberikan kesempatan siswa berperan aktif dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok, dalam tatap muka ataupun online, sehingga mereka mempunyai kemampuan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi, menginterpretasi serta mentransfer hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, dan pada akhirnya keterampilan berpikir siswa dapat tergali melalui model pembelajaran ini. Penelitian ini disajikan dengan metode kajian pustaka yang mana mengumpulkan segala informasi melalui penelitian sebelumnya yang terkait dengan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran demokrasi yang diharapkan mampu menjawab tantangan masa revolusi industri 4.0 saat ini.