PENERAPAN PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SEI KAMBING MEDAN

Main Author: Sakti, Muda Genli
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/37319/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/66.-Muda-Genli.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang sangat signifikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION dan model pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan oleh tenaga didik di sokalah SD Muhammadiyah sei sekambing Medan pada mata pelajaran PPKN untuk kelas V. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Berdasarkan penelitan yang dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada SD Muhammadiyah Sei Kambing medan. Pada siklus I presentase yang diperoleh 50% dan pada Siklus kedua sebesar 70%. Dengan hasil penelitian ini dapat saya simpulkan dengan menggunakan model pembelajaran SMALL GROUP DISCUSSION ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sangat efektif digunakan pada proses belajar mata pelajaran PPKN.