PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Main Authors: Sitanggang, Saut Lamhot, Pinem, Helda Valentina Br.
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/37315/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/70.-Saut.pdf
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Pancurbatu mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep matematika siswa meningkat sebesar 15,89%, yaitu meningkat dari 63,97% pada siklus I menjadi 79,86% pada siklus II. Setiap aspek dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) sudah baik. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata pelaksanaan pembelajaran oleh peneliti meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II dan persentase kegiatan siswa meningkat dari 79,69% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II.